Pages

Rabu, 28 November 2012

perawatan bonsai





Cara Pemeliharaan Bonsai

Setelah penanaman , tanaman bonsai harus terlindung dari sinar matahari , hujan, dan angin. Kelembaban tanah

dalam pot prlu dijaga jangan sampai tanah dalam pot menjadi kering. Pemberian sinar matahari dilakukan setelah dua minggu tanaman tersebut ditanam. Pada tahap pertama pemberian sinar matahari cukup 1-2 jam saja. Kemudian secara bertahap dapat diperpanjang. Jenis pemeliharaan yang lain adalah membentuk tanaman agar lebih indah, artistic dan alamiah.

Adapun cara yang umum ditempuh :

1. Cara pemangkasan

Pemangkasan merupakan cara utuk membentuk tanaman bonsai . Caranya dengan menggunting cabang cabang yang kurang baik. Pemangkasan dilakukan pada bagian pangkal percabangan untuk menghindari terjadinya pengeringan bagian cabag yang tersisa. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan cabang yang terlalu cepat.

2. Cara Pengawatan

Cara ini untuk merubah arah pertumbuhan batang atau cabang. Pengawatan dilakukan terhadap cabang cabang yang belum tua sebab cabang seperti ini masih mudah di lenturkan sesuai dengan kehendak kita. Pelaksanaannya mula mula kawat diikatkan pada pangkal batang sehingga menyerupai sepiral. Cara melingkarkan kawat dimulai kearah kiri dengan jarak teratur. Setelah selesai , ujung kawat yang dilingkarkan tersebut dikatkan pada bagian cabang batang yang akan diubah.

3. Cara Penukasan

Pertumbuhan daun yang terlalu lebat akan merusak komposisi dan kindahan tanaman bonsai. Maka harus dilakukan penukasan caranya dengan memetik beberapa daun yang tidak sesuai dengan komposisi ang dikehendaki.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar